20 Aplikasi Pinjaman Online yang Legal dan Resmi OJK

Di tengah banyaknya kebutuhan sehari-hari atau bulanan yang banyak, tidak jarang seseorang mencari pinjaman untuk menutup sementara kebutuhan rumah tangganya. Di tengah banyaknya kebutuhan dana cepat tersebut, saat ini banyak sekali aplikasi pinjaman online yang mudah memberikan pinjaman bagi banyak orang yang membutuhkan uang secara cepat dengan registrasi yang mudah.

Namun perlu waspada juga, pasalanya banyak aplikasi pinjol atau pinjam online yang ilegal atau tidak dibawah naungan OJK, sehingga bunga yang diberikan pun terkadang tidak normal. Untuk mengatasi hal tersebut, perlunya mengetahui beberapa aplikasi pinjol atau pinjam online yang secara legal dan di bawah naungan OJK agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Aplikasi Pinjaman Online

Tekno Verso dalam hal ini akan megulan beberapa aplikasi pinjol atau pinjam online yang legal untuk membantu masyarakat dalam memilih tempat terbaik dalam mencari pinjaman sementara secara cepat dan aman. Dikutip dari berbagai sumber, inilah 20 aplikasi pinjol atau pinjam online yang legal dan di bawah naungan OJK.

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang cukup populer. Syarat untuk meminjam di aplikasi ini pun cukup mudah, yaitu usia minimal 18 tahun, foto KTP, foto selfie dengan KTP, dan berpenghasilan. Setelah memenuhi persyaratan itu, pengguna akan langsung mendapatkan uang tunai yang dikirim ke rekening pribadi.

Nominal yang dipinjamkan pun cukup banyak, maksimal Rp10 juta dengan tenor 91 hari hingga 360 hari. Sedang untuk bunganya maksimal 11% per tahun.

2. AdaKami

AdaKami merupakan aplikasi pinjaman online yang dikembangkan oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia sejak 13 Desember 2019 dan sudah mendapat izin dari OJK. AdaKami memiliki TKB90 dengan tingkat mencapai 99,89%. Artinya tingkat keberhasilan penyelenggara P2P lending untuk menyelesaikan masa pinjam dalam jangka waktu 90 hari terhitung berhasil.

Aplikasi ini menawarkan pinjaman mulai Rp3 juta hingga Rp20 juta dengan tenor 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Sedang untuk bunganya mencapai 3% per bulan.

3. Akulaku

Melalui aplikasi Akulaku, pengguna tidak hanya bisa melakukan pinjam onlien, tapi juga bisa membeli barang dengan cicilan di merchant. Cara meminjam di Akulaku sangatlah mudah, pengguna cukup mengupload foto KTP dan ID Card karyawan sebagai syaratnya. Tidak hanya dalam meminjam uang, mencicil barang pun bisa menggunakan cara tersebut.

Untuk cicilan tanpa kartu kredit, penguna wajib membayar DP hingga 15% terlebih dahulu. Untuk nilai pinjaman dimulai dari Rp300 ribu hingga Rp20 juta dengan tenor 1 bulan sampai 15 bulan. Sedang untuk bunganya dimulai dari 1% – 40%.

4. Kredivo

Kredivo merupakan aplikasi pinjam online yang dapat dipercaya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk belanja di merchant e-Commerce. Cara pendaftaran di Kredivo pun sangat cepat dan bunganya pun rendah.

Untuk sistem keamanannya, Kredivo sduah setara dengan Bank, jadi pengguna tidak perlu lagi khawatir. Pengguna bisa mendapat nominal pinjaman mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp30 juta dengan tenor 1 bulan sampai 12 bulan. Sedang untuk bunganya mulai dari 0% – 2,95% perbulan.

5. Jenius

Jenius merupakan aplikasi pinjaman online yang diluncurkan oleh Bank BTPN pada 11 Agustus 2016. Aplikasi ini membantu pengguna untuk menabung, bertransaksi, mengatur keuangan, hingga memiliki rekening bank.

Aplikasi ini juga dapat melayani pinjaman online melalui fitur Flexi Cash. Saat ini Jenius dapat memberikan pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp200 juta dengan tenor 1 bulan – 36 bulan. Sedang untuk bunganya mulai dari 0,99% – 3,50% per bulan. Pengguna hanya perlu KTP untuk syarat dokumen melakukan transaksi di aplikasi ini, selain itu usia minimal 21 tahun agar mendapatkan izin.

6. Shopee Pinjam

Shopee Pinjam atau SPinjam merupakan aplikasi pinjaman online dari platform Shopee yang kolaborasi dengan PT Lentera Dana Nusantara dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Shopee Pinjam atau SPinjam ini dikhususkan untuk peminjaman secara tunai, jadi berbeda dengan Shopee Pay Later. Cara mengajukan peminjaman pun cukup mudah. Peminjaman bisa didapatkan hingga Rp15 juta dengan tenor 2 bulan sampai 12 bulan. Sedang bunganya dimulai dari 1,95%.

Bagi yang ingin mendapat layanan peminjaman, pengguna perlu aktif bertransaksi di Shopee.

7. Tokopedia

Tokopedia juga menyediakan layanan pinjaman online secara tunai. fitur ini diberi nama Dana Instan sebagai alternatif jika membutuhkan dana darurat. Pinjam onlien di Tokopedia juga sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk pinjaman bisa mencapai Rp6 juta dengan tenor 2 bulan sampai 6 bulan. Sedang untuk bunganya mulai dari 2,72% sampai 3,40%.

Cara yang dibutuhkan untuk meminjam di Tokopedia sangatlah mudah, di antaranya KTP, slip gaji, dan Warga Negara Indonesia.

8. UangMe

UangMe adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT UangMe Fintek Indonesia sejak 2018 dan sudah mendapatkan izin OJK dengan nomor surat SK : KEP-4/D.05/2021. Aplikasi ini merupakan layanan peer-to-peer (P2P) lending.

Produk dari aplikasi ini terdiri dari dana tunai dan PayLater. Selain itu, juga menyediakan layanan lender pengguna agar dapat mengembangkan dananya. Wensite UangMe juga memuat informasi terkait jajaran direksi, komisaris PT UangMe Fintek Indonesia, serta pemegang saham perusahaan ini, yaitu PT Intidana Wijaya dan Pixiu Technology Ltd, sehingga lebih mudah dipercaya oleh pengguna.

Nominal pinjaman bisa dimulai dari Rp400 ribu sampai Rp20 juta dengan durasi 91-120 hari. Untuk bunganya sebesar 21,9% per tahun.

9. Modalku

Modalku merupakan aplikasi pinjaman online yang cocok bagi UMKM berbasis teknologi finansial di Indonesia. Aplikasi ini mengubungkan UMKM yang berpotensi dengan cara dibiayai agar bisa lebih cepat berkembang dan saling mendukung. Modalku tidak hanya di Indonesia saja, atpi juga di beberapa negara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Dan pastinya sudah diawasi oleh OJK.

Untuk nominal peminjaman bisa dimulai dari Rp100 ribu dengan tenor 1 bulan sampai 24 bulan. Sedang untuk bunganya hingga 17% per tahun.

10. JULO

JULO adalah aplikasi pinjam online yang mudah dan tidak ribet bagi pengguna yang membutuhkan uang secara tunai. Cara meminjam di aplikasi ini adalah dengan mengunduhnya, isi data pribadi, dan menunggu proses verifikasi, pengguna sudah bisa mendapatkan uang tunai dalam kurun waktu kurang dari 28 jam. Nominal pinjaman dimulai dari Rp500 ribu sampai Rp15 juta dengan tenor 3 bulan hingga 9 bulan. Sedang untuk bunganya mulai dari 4% sampai 7% per bulan.

11. Home Credit

Home Credit adalah solusi pinjam online ketika tidak punya kartu kredit. Untuk meminjam di aplikasi ini cukup dengan KTP dan satu dokumen pendukung seperti kartu keluarga, buku tabungan, SIM atau yang lainnya. Ketika sudah selesai verifikasi, pengguna bisa belanja di merchant yang tersedia dan meminjam uang secara tunai.

Untuk nominal yang bisa dipinjam adalah Rp750 ribu sampai Rp20 juta dengan tenor 10 bulan sampai 18 bulan. Sedang untuk bungaya mulai dari 0% perbulan.

12. DanaBijak

DanaBijak merupkan aplikasi pinjam online yang menawarkan bunga yang cukup kecil. Dana yang dipinjamkan pun juga cukup kecil yaitu maksimal Rp3 juta sebagai pinjaman awal. Bagi yang ingin mengajukan pinjaman cukup menyediakan KTP dan rekening tabungan 3 bulan terakhir. Setelah itu tinggal menunggu verifikasi dalam kurun waktu kurang dari 48 jam.

Tenor di dalam aplikasi ini mulai dari 7 hari hingga 30 hari dengan bunga sebesar 7% per bulan. Meski jarang mendengar aplikasi ini, namun sudah aman dan terdaftar di bawah OJK.

13. Dompet Kilat

Dompet Kilat merupakan aplikasi pinjam online yang cukup aman karena terdaftar di OJK. Kelebihan aplikasi ini adalah bisa mendapatkan pendanaan yang lebih banyak untuk membayar kredit motor, modal wirausaha, biaya pengobatan, pelunasan hutang, hingga biaya pernikahan. Syarat mengajukan peminjaman pun cukup mudah, pengguna minimal berusia 18 tahun, sudah punya KTP, dan punya pengahasilan sendiri.

Untuk nominal pinjaman adalah Rp2 juta dengan tenor sampai 30 hari. Sedang bunga yang diberikan adalah 0.1% per hari.

14. RupiahCepat

RupiahCepat merupakan aplikasi pinjam online dengan bunga yang cukup rendah. Aplikasi ini memberikan layanan cepat dan mudah bagi yang ingin melakukan peminjaman secara online. Selain itu juga memberikan kemudahan dalam pengajuan kartu kredit.

Syarat untuk melakukan peminjaman di aplikasi ini adalah berusia 22 tahun ke atas, , memiliki nomor HP, dan sumber pendapatan yang stabil. Untuk dokumen yang dibutuhkan pun cukup sederhana, yaitu KTP. Nominal peminjaman di RupiahCepat dimulai dari Rp400 ribu hingga Rp5 juta dengan tenor 91 hari sampai 1 tahun. Sedang bunganya hanya mencapai 24% pertahun.

15. PinjamanGo

PinjamanGo merupakan aplikasi pinjam online yang sudah terverifikasi dengan OJK, bahkan merupakan salah satu layanan fintech dari Sinar Mas. Aplikasi ini merupakan platform yang mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman. Untuk nominal peminjaman maksimal Rp6 juta dengan tenor hingga 14 hari. Sedang untuk bunganya sebesar 0.8% per hari.

16. DanaRupiah

DanaRupiah merupakan aplikasi pinjam online yang sudah terdaftar di OJK. Aplikasi ini dapat memberi pinjaman dengan cepat tanpa perlu memiliki rekening bank. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Cukup dengan isi data pribadi secara lengkap, dana yang dipinjam akan langsung cair dalam hitungan menit.

Untuk nominal pinjaman maksimal Rp8 juta dengan tenor lebih dari 91 hari. Sedang untuk bunganya sebesar 10.5% per tahun.

17. OK Bank

OK Bank adalah salah satu aplikasi pinjaman online yang aman dan diawasi OJK. Aplikasi ini juga menyediakan dana pinjaman mulai dari Rp3 juta sampai Rp200 juta. Bunga dari OK Bank cukup rendah, yaitu 0,98% sampai 3,49%, dan itu bisa dicicil mulai dari 1 sampai 5 tahun.

18. Octo Loan

OCTO Loan merupakan salah satu produk dari bank CIMB Niaga. Pengguna bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman Xtra Dana secara online lewat website CIMB. Untuk pengajuan peminjamannya sangat instan dan langsung cair di hari yang sama. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan isi data lengkap pengajuan dengan KTP dan NPWP.

Nominal peminjamannya pun cukup banyak yaitu hingga Rp200 juta dengan tenor 1 sampai 5 tahun. Sedang bunganya pun mulai dari 0,65% per bulan.

19. DanamasĀ 

Danamas APK merupakan aplikasi pinjaman online yang dikembangkan oleh PT Pasar Dana Pinjaman. Pengguna bisa meminjam hingga Rp7,5 juta dengan pembayaran 3 hingga 5 bulan. Sedang untuk bunga sekitar 10,2% per bulan ditambah biaya administrasi 0,8% per bulan dan biaya layanan sebesar 1% per bulan.

Danamas APK uga bekerjasama dengan Bank Sinarmas, Asset Management Sinarmas, Asuransi Simasnet, Asuransi Simas Jiwa, Kioson, Narindo, dan Traveloka.

20. Indodana

Indodana sebenarnya adalah layanan PayLater yang membuat penggunanya berbelanja secara kredit, namun di dalamnya juga terdapat layanan pinjam online secara tunai. PT Artha Dana Teknologi mendirikan aplikasi ini sejak November 2017 dan sudah mendapat izin OJK dengan nomor surat nomor S-235/NB.213/2018 sejak Maret 2018.

Ada banyak sekali merchant yang didukung oleh Indodana, seperti Tokopedia, MNC Play, Kalbe Store, dan lainnya. Kredit yang bisa diakses pengguna pun cukup banyak, yaitu Rp25 juta dengan cicilan sampai 12 bulan dan bunga 4% per bulan.

Dalam kesimpulan ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pinjaman online adalah sebuah solusi bagi mereka yang membutuhkan pinjaman dalam waktu yang singkat. Aplikasi tersebut memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengajukan pinjaman, tanpa harus menghadiri kantor bank secara langsung.

Namun, pengguna harus memahami risiko yang terkait dengan penggunaan aplikasi tersebut, seperti bunga yang tinggi, risiko penipuan, dan terjebak dalam lingkaran hutang. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk melakukan pengecekan dan penilaian sebelum menggunakan aplikasi pinjaman online.

Selain itu, penting juga bagi pengguna untuk menggunakan aplikasi pinjaman online dengan bijak dan bertanggung jawab. Pengguna harus mempertimbangkan kemampuan untuk membayar kembali pinjaman dan memperhatikan kondisi keuangan secara keseluruhan.

Kesimpulannya, aplikasi pinjaman online memberikan kemudahan dalam mengajukan pinjaman dalam waktu yang singkat. Namun, pengguna harus memahami risiko dan menggunakan aplikasi tersebut dengan bijak dan bertanggung jawab. Dengan begitu, aplikasi pinjaman online dapat menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang membutuhkan pinjaman dalam keadaan mendesak.