Bansos PKH dan BPNT Cair Lagi, Cek Disini !!!

Hello TeknoVerso, kali ini kita akan membahas tentang bantuan sosial atau bansos di Indonesia. Bansos menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Sebagai negara dengan populasi yang besar dan beragam, Indonesia membutuhkan berbagai program bantuan sosial atau bansos untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh berbagai krisis yang terjadi. Mulai dari bencana alam, pandemi, hingga masalah ekonomi, program bansos menjadi salah satu solusi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

cek bansos

Jenis – Jenis Bansos di Indonesia

Berikut ini beberapa jenis bantuan sosial atau bansos yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui jenis-jenis bansos ini, masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial bisa memilih program yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan bisa menjadi panduan dalam mencari bantuan sosial di Indonesia.

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan atau PKH adalah salah satu program bantuan sosial yang dikelola oleh Kementerian Sosial RI. Program ini ditujukan untuk keluarga miskin dengan anggota keluarga yang masih berusia anak-anak, ibu hamil, dan lansia. Tujuan dari program ini adalah memberikan bantuan kepada keluarga miskin agar mereka bisa mengakses layanan kesehatan dan pendidikan yang lebih baik.

Bantuan yang diberikan melalui PKH berupa uang tunai dan bantuan non-tunai, seperti bantuan pendidikan dan kesehatan. Uang tunai diberikan setiap tiga bulan sekali kepada keluarga penerima manfaat. Besaran uang tunai yang diberikan berbeda-beda tergantung pada wilayah dan kondisi sosial ekonomi keluarga penerima manfaat.

BUKA APLIKASI BANSOS

2. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) adalah program bantuan sosial yang dikelola oleh Kementerian Sosial RI yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Program BPNT memberikan bantuan berupa kartu elektronik yang bisa digunakan untuk membeli bahan makanan pokok di warung-warung atau pasar-pasar yang sudah ditunjuk.

Program BPNT didasarkan pada data keluarga miskin yang terdaftar dalam database Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial. Setiap keluarga penerima manfaat BPNT akan diberikan kartu elektronik yang berisi saldo yang bisa digunakan untuk membeli bahan makanan pokok seperti beras, minyak goreng, dan telur.

3. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada masyarakat miskin yang terdampak oleh kondisi ekonomi yang sulit, seperti saat pandemi COVID-19. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Program BLT diberikan secara langsung dalam bentuk uang tunai yang diterima oleh keluarga penerima manfaat. Besaran bantuan yang diberikan berbeda-beda tergantung pada kondisi sosial ekonomi keluarga penerima manfaat dan wilayah tempat tinggal mereka. Bantuan ini biasanya diberikan secara berkala, seperti setiap bulan atau setiap tiga bulan.

4. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program bantuan sosial yang dikelola oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensinya di dunia kerja. Program ini memberikan bantuan berupa pelatihan-pelatihan online dan subsidi biaya pelatihan kepada peserta yang telah terdaftar.

Program Kartu Prakerja diluncurkan pada tahun 2020 sebagai salah satu respons pemerintah terhadap dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia. Program ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan dan kompetensinya di berbagai bidang, seperti digital marketing, programming, desain grafis, dan lain sebagainya.

BUKA APLIKASI BANSOS

5. Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah salah satu program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan akses kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat yang tidak mampu secara finansial. Kartu Indonesia Sehat (KIS) awalnya dikenal dengan nama Asuransi Kesehatan Masyarakat Miskin (ASKESKIN), dan mulai diluncurkan pada tahun 2005.

Seiring berjalannya waktu, program ini kemudian diubah namanya menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada tahun 2014 dan terus dikembangkan hingga saat ini.

>>> Lanjut Baca Cara Mengecek Bansos Disini

Tinggalkan komentar